1. Perangkat
Input
Perangkat
input komputer ( perangkat masukan atau input
devices) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan
memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input
yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104
tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Gambar 8. Keyboard QWERTY
Keyboard yang biasanya dipakai
adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin
tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara
maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan. Saat
ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse
tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek
akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan
tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan
klik kanan (right click). Mouse
terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar 9. Mouse wireless
c.
Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain
touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan
trackball.
Gambar 10. Touchpad
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
Gambar 11. Light pen
e.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
Gambar 12. Joy Stick dan Games Padlle
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang
ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan menggunakan barcode.
Gambar 13. Barcode
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian
dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain
scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi
lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan
lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar
Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri
dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo
dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character
Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan
scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip
seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan
formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak
harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya
seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
Gambar 14. Scanner
h.
Camera
Digital
Perkembangan teknologi telah
begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat
ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital
disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat
dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran
saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau
bergerak seperti halnya video.
Gambar 15. Kamera Digital
i.
Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara.
Gambar 16. Mikrofon
j.
Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan
jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan,
kemudian ditulisi dengan pensil.
Gambar 17. Graphics Pads
c. Rangkuman
Perangkat
input komputer ( perangkat masukan atau input devices) adalah perangkat yang
digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada komputer
untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Contoh alat yang berfungsi sebagai media input diantaranya keyboard, mouse,
mikrofon,joystick, dll
d. Tugas
: Mengamati Ragam Arsitektur Sistem Operasi.
Sebelum
mengerjakan tugas, buatlah kelompok terdiri atas 2-3 orang. Dalam kegiatan ini
peserta didik akan mengamati berbagai ragam media
input. Masing-masing kelompok membuat
ringkasan materi tentang ragam media input.
Kemudian secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya
didepan kelas.
1.1.Bacalah uraian materi diatas denganteliti dan cermat.
1.2.
Berdasarkan sumber bacaan dari
uraian materi atau sumber lain
(internet), Buatlah ringkasan materi berbagai ragam media input. Uraian ditulis menggunakan
software pengolah presentasi. Topik yang di tulis meliputi 1) nama alat, 2) fungsi alat, 3) jenis alat,4) teknologi terbaru dari alat tersebut
1.3.
Presentasikan hasil ringkasan
di depan kelas.
e. Test
Formatif.
Dalam
test ini setiap peserta didik membaca dengan cermat dan teliti setiap butir
soal dibawah ini. Kemudian berdasarkan uraian materi diatas tulislah jawabannya
pada lembar jawaban test formatif yang telah disediakan.
ii. Jelaskan 5 jenis alat input beserta fungsinya?
Sumber: http://ha-we.blogspot.co.id/2013/10/mudul-tkj-dan-rpp-silabus-tkj-kelas-x.html
No comments:
Post a Comment